Senin, 24 Agustus 2015

Berita Bola Mengenal Kompetisi Berformat Apertura dan Clausura

Berita Bola Mengenal Kompetisi Berformat Apertura dan Clausura

sumber berita Mengenal Kompetisi Berformat Apertura dan Clausura : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/4943a2d8/sc/3/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A80C250C1240A470C30A0A0A60A60C14970Cmengenal0Ekompetisi0Eberformat0Eapertura0Edan0Eclausura/story01.htm
Hampir setiap hari, seluruh pecinta sepakbola di dunia mengikuti perkembangan sepakbola di Eropa. Dimulai dari kegiatan transfer pemain, hingga kesebelasan mana yang menjadi juara liga.

Namun tak demikian dialami oleh sepakbola Amerika Latin. Tak banyak dari kita yang mengikuti benar sepakbola apa yang terjadi di sana. Bahkan tak sedikit dari kita yang mengetahui sistem liga di Amerika Latin yang dalam semusim dibagi menjadi dua.

Sistem ini dikenal dengan ‘Apertura’ dan ‘Clausura’, yang namanya diambil dari bahasa Spanyol yang memiliki arti pembukaan dan penutupan. Dalam sistem ini, satu musim liga dibagi menjadi musim pembukaan dan musim penutupan.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai sistem ini, kita harus menilik lebih jauh tentang sistem liga Argentina. Karena, Argentina-lah yang pertama kali memperkenalkan sistem ini, yang kemudian digunakan oleh hampir seluruh kompetisi di Amerika Selatan.

Perjalanan Argentina ‘Menemukan’ Apertura & Clausura

Argentina adalah negara di luar tanah Britania pertama yang menggunakan sistem liga untuk menjalankan kompetisi sepakbolanya. Pada awal terbentuknya, sejak masih berstatus amatir, format liga yang digunakan sama seperti yang digunakan di negara-negara Inggris Raya yaitu dengan format round-robin atau sistem bertemu.

Setiap kesebelasan yang berkompetisi, saling bertemu sebanyak dua kali, kandang-tandang, dalam satu musim kompetisi. Tim juara ditentukan dengan jumlah poin terbanyak yang dikumpulkan, sistem yang hingga saat ini kita kenal digunakan di Britania dan juga Eropa.

Namun sistem ini membuat sejumlah kesebelasan kesulitan bersaing dengan tim papan atas seperti River Plate, Boca Juniors, Indepediente, Racing Club, dan San Lorenzo. Dalam 36 tahun kompetisi, pemenang liga merupakan di antara kelima tim tersebut. Hal ini menghilangkan gairah kompetisi di Argentina.

Oleh karena itu, Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA) mencari sistem baru. Dan pada 1967, dengan memunculkan sistem Metropolitano dan Nacional. Metropolitano diselenggarakan pada Maret hingga Agustus, sementara Nacional pada September hingga Desember.

Metropolitano dan Nacional menghasilkan juara masing-masing. Berbagai metode pun digunakan pada masing-masing kompetisi. Dimulai dari dibagi ke dalam dua grup, sistem round robin penuh, dan juga atau round robin tunggal.
Nuhun for visit Mengenal Kompetisi Berformat Apertura dan Clausura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar