Rabu, 26 Agustus 2015

Berita Bola Bisakah Fellaini Menambah Daya Gedor 'Setan Merah'?

Berita Bola Bisakah Fellaini Menambah Daya Gedor 'Setan Merah'?

sumber berita Bisakah Fellaini Menambah Daya Gedor 'Setan Merah'? : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/494ba7e5/sc/3/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A80C260C120A7490C30A0A16130C720Cbisakah0Efellaini0Emenambah0Edaya0Egedor0Esetan0Emerah/story01.htm
Brugge - Manajer Manchester United, Louis van Gaal, menyebut bahwa timnya kini punya lima penyerang. Salah satunya adalah Marouane Fellaini. Bisakah Fellaini menjadi tambahan amunisi untuk lini depan 'Setan Merah'?

Dalam konferensi pers jelang laga melawan Club Brugge di leg II play-off Liga Champions, Van Gaal menyebut Wayne Rooney, Javier Hernandez, James Wilson, Adnan Januzaj, dan Marouane Fellaini sebagai lima orang penyerangnya musim ini. Rooney, Hernandez, dan Wilson aslinya memang seorang penyerang, sementara Januzaj dan Fellaini bukan.

Januzaj sejatinya biasa beroperasi sebagai seorang winger atau gelandang serang. Pada beberapa pekan terakhir, pemain asal Belgia itu dioperasikan sebagai "nomor 10", menemani Rooney yang diplot sebagai penyerang tunggal di lini depan. Januzaj memang sempat mengakui bahwa bermain sebagai "nomor 10" adalah favoritnya.

Fellaini agak sedikit berbeda. Aslinya, pemain berambut kribo itu adalah seorang gelandang. Dalam pandangan Van Gaal, Fellaini bisa dimainkan sebagai "nomor 6" (holding midfielder) dan "nomor 8" (box-to-box midfielder), tetapi karena sudah ada banyak pemain yang bermain di kedua posisi itu, Fellaini pun dijadikan penyerang musim ini.

Ini bukan hal baru buat Fellaini. Semasa membela Everton, dia malah biasa bermain sebagai gelandang serang di belakang striker tunggal --persis posisi Januzaj dalam beberapa pekan terakhir. Dengan badannya yang tinggi-besar, Fellaini biasa mengganggu lini belakang lawan dan dijadikan sasaran untuk umpan-umpan lambung.

Musim lalu, ketika United bermain dengan formasi 4-3-3/4-1-4-1, Fellaini juga dimainkan sebagai gelandang serang di belakang penyerang. Tugasnya masih sama: menjadi sasaran umpan-umpan lambung ke depan. Ini membuat kolomnis Guardian, Jonathan Wilson, menyebutnya sebagai "deep-lying target man".



Formasi Manchester United musim lalu

Oleh karenanya, tidak aneh jika Van Gaal menjadikannya salah satu penyerang. Pertanyaannya, apakah Fellaini bisa menambah daya gedor United?

Sejauh ini, di antara lima penyerang yang disebut di atas, baru Januzaj dan Fellaini yang berhasil mencetak gol musim ini. Rooney masih nihil, Hernandez pun demikian. Fellaini bisa dijadikan opsi manakala United buntu, seperti yang terjadi pada laga melawan Club Brugge pekan lalu.

Pada laga tersebut, United tidak punya target man khusus di kotak penalti lawan. Oleh karenanya, Van Gaal pun memasukkan Hernandez, lalu kemudian Fellaini --Rooney, yang lebih banyak turun ke lini kedua, ditarik ke bench. Hasilnya, sebuah umpan silang Memphis Depay disambut dengan sundulan oleh Fellaini dan berbuah jadi gol.

Dengan Fellaini dijadikan penyerang, United jadi punya lima penyerang dengan tipe yang berbeda-beda, ada Rooney, yang biasa bergerak bebas dan suka turun ke lini kedua; Hernandez, yang kerap menunggu bola dan biasa menjadi finisher lewat sepakan dan sundulannya; Januzaj dan Wilson, yang punya kecepatan dan bisa diandalkan lewat through-ball; Fellaini, yang bisa menjadi target man dan sasaran untuk umpan-umpan silang.

Pada pramusim, Van Gaal sempat memainkan pola 4-3-3 dengan Andreas Pereira, Januzaj, dan Wilson sebagai tiga pemain depan. Januzaj diplot sebagai penyerang, sementara Pereira dan Wilson mengapitnya. Ini, tentunya, bisa berlaku menghadapi lawan dengan defensive line tinggi yang bisa ditembus dengan kecepatan.

Jika menghadapi lawan yang bertahan secara ketat, ada kemungkinan Fellaini atau Hernandez dijadikan opsi. Sejauh ini, Fellaini, yang sukses mencetak 6 gol di Premier League musim lalu, merasa tidak keberatan dengan peran barunya sebagai penyerang.

"Tidak masalah di mana saya bermain, hal terpentingnya adalah memenangi pertandingan. Tentu saja ini berbeda, tapi saya menikmati semua posisi di mana saya bisa bermain," kata pemain berusia 27 tahun tersebut.


Nuhun for visit Bisakah Fellaini Menambah Daya Gedor 'Setan Merah'?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar